Salam damai sukacita sebangsa setanah air, kalau jaman sekolah dulu disuruh mengarang siswa sudah tidak dapat menemukan kata-kata yang panjang, biasanya kata pembukanya selalu "pada jaman dahulu kala....." cuma berhenti sampai disitu  selanjutnya......? Memang jadi momok anak-anak sekarangpun kalau disuruh mengarang atau bahasa sekarang Artikel banyak yang menyerah. Harus diakui memang sekarang ini  banyak anak-anak sekolah yang jarang disekolahnya membuat sebuah artikel yang panjang apalagi disuruh membuat cerita sendiri saja susahnya minta ampun.

Kebetulan penulis menemukan pola membuat artikel yang mudah dan dapat dikembangkan oleh siapapun pada intinya kita harus tahu dulu kerangkanya baru nanti diterjemahkan setiap kerangka artikel yang mau dibuat langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Mencari judul yang menarik / kata kunci sebuat artikel

Untuk menentukan judul artikel yang menarik, kita bisa mencari bantuan lewat internet karena jamannya sekarang jaman internet jadi tidak kesulitan mencari kata kunci yang sekarng lagi booming. Atau melalui kalau anak-anak sekolah dari kata-kata baru yang suka dilontarkan temen-temennya. Misalnya sekarang lagi ngetren bahasa gaul KAMSEUPAY.... Nah dari judulnya saja kalau menarik orang akan mau meneruskan membaca artikel yang kita buat.

2. Bab atau yang ada hubungan sebuah judul

Untuk membuat turunannya atau yang ada hubungannya dengan judul sekali lagi juga bisa mencari diinternet dari kata kunci Judul itu sendiri. Biasanya tidak sedikit dari turunan/kaitan dengan judul bisa dipilih beberapa kata yang tepat apa yang mau disampaikan oleh si penulis itu sendiri. Artikel yang mau dibuat panjang atau pendek tinggal penulis bisa memperkirakan sendiri dengan menentukan jumlah Bab/kata kunci dari sebuah judul.

3. Menulis/mengarang

Setelah menemukan judul artikel yang mau dibuat dan kata kunci yang ada hubungannya dengan judul, semuanya itu dengan mudah penulis mengembangkan ide ceritanya dan bahkan bisa mengalaman penulis dimasukan dalam artikel tersebut. Sebetulnya mengarang/membuat artikel itu tidak sulit kalau kita mau melatih membuat sesering mungkin, kita umpamakan seperti kalau kita belajar mengetik sepuluh jari dengan mesin tik manual dan kalau sudah bisa mengetik sepuluh jari manual mengetik sambil pejamkan mata juga bisa demikian juga kalau kita sering membuat artikel/mengarang kata-kata yang keluar juga mengalir begitu saja.

4. Berlatih/Mencoba

Sekali lagi kalau tidak pernah dilatih dan dicoba membuat artikel/mengarang hanya diangan-angan ya tetap tidak bisa tapi kalau sudah dicoba dan dicoba terus menerus itu akan menjadi kebiasan yang baik buat diri sendiri dan juga buat orang lain bahkan bisa juga menjadikan pemasukan/penghasilan yang tetap. Tinggal mau tidak pilihan ada di kita sendiri.

salam,

Be smart be creative